Biar Kamu Bisa Tetap Produktif Seharian
WFH (Work From Home) atau bekerja dari rumah adalah salah satu opsi/sistem dalam kebijakan bekerja. Istilah ini mulai ramai digunakan pada masa pandemi Covid-19 dari tahun 2019 lalu. Sistem WFH ini digunakan untuk mengurangi atau meminimalisir risiko kesehatan dan keselamatan pada karyawan. Tapi pasca pandemi pun, opsi kerja ini masih tetap diaplikasikan oleh beberapa perusahaan, terutama industri di bidang kreatif dan kontrak kerja dengan perusahaan asing yang tidak memungkinkan untuk on-site atau datang ke kantor, misalnya seorang freelancer. Ketika kita WFH, pasti akan terasa sebuah perbedaan, baik dari jam kerja hingga suasana, terutama yang masa peralihan dari WFO ke WFH, terasa sekali adaptasi yang cukup signifikan. baca juga . Nah, supaya tidak kaget dengan hal tersebut, berikut beberapa tips agar WFH lebih efektif dan nyaman:
1. Buat Ruang Kerja Sendiri
Saat WFO, di tempat kerja, kita punya meja masing-masing dan saling berinteraksi dengan rekan kerja. Tetapi ketika WFH, kita sendirian dan pastinya harus menyiapkan ruangan kerja yang terpisah dari kamar tidur. Ruang kerja yang terpisah membuat otak kita memvisualisasikan dan membedakan mana tempat istirahat dan mana tempat kerja. Ketika kita bekerja di kamar tidur atau tempat istirahat, kita akan mudah terdistraksi baik karena tempat yang membosankan atau karena barang-barang yang terlalu menumpuk.
2. Buat To-do List
Dengan membuat to-do list , kamu akan tahu hari ini akan mengerjakan apa saja. Membuat jadwal yang teratur juga memangkas waktu untuk memikirkan apa yang akan dilakukan selanjutnya, sehingga waktu menjadi lebih efektif. To-do list membantumu mengefisienkan waktu, di jam berapa kamu akan menyelesaikan apa, dan di jam berapa kamu akan melakukan apa.
3. Fokus pada Rutinitas
Meskipun rutinitas harian WFH ini sedikit membosankan karena bekerja terus depan laptop dan tidak ada suasana mengobrol dengan orang lain, tetap fokuskan diri untuk menyelesaikan semua pekerjaan, karena itu bagian dari tanggung jawab. Jangan melakukan multitasking karena hanya akan membuat progress pekerjaan menjadi tidak efektif, lakukanlah monotasking (selesaikan tugas, satu per satu). Bila perlu hindari menggunakan gadget dengan mengaktifkan do not disturb (jangan ganggu). Gunakan aplikasi pelacak produktivitas, misalnya forest. Aplikasi ini bisa melihat seberapa jauh jam kerjamu, sehingga kamu lebih tertantang untuk menyelesaikan semua tugas.
4. Pastikan Ruang Kerjamu Nyaman
Coba rapihkan dan bersihkan ruangan kerjamu sebelum digunakan. Ini akan membantu pikiran lebih ‘plong’ karena ruangan yang bersih dan nyaman dilihat. Pastikan juga pendingin ruangan kamu berfungsi dengan baik, karena cuaca panas cenderung membuat kamu mudah emosi dan sulit fokus, baca di sini.
Itu tadi beberapa tips agar WFH kamu lebih efektif dan nyaman. Gimana sobat Milba, kamu sudah melakukan tips-tips di atas, belum? Jika ada masalah dengan AC rusak, kamu bisa menghubungi kami di Customer Service.