AC (Air Conditioner) merupakan perangkat elektronik yang berfungsi untuk mengatur suhu ruangan. Dalam penggunaannya AC membutuhkan perawatan yang teratur agar dapat berfungsi dengan optimal dan tidak menimbulkan masalah, perawatan AC yang teratur sangat penting untuk mempertahankan kualitas dan kinerja AC. Hal ini karena AC akan beroperasi secara optimal apabila terjaga dari kotoran dan debu yang menempel. Selain itu, perawatan AC juga berfungsi untuk meminimalisir resiko kerusakan pada AC. Jiika Anda jarang melakukan perawatan, hal itu akan menambah pengeluaran Anda untuk perbaikan-perbaikan yang sebenarnya tidak diperlukan jika AC.

Perawatan AC yang teratur dilakukan secara rutin setiap bulan, atau minimal tiga bulan sekali, tentu tergantung berapa lama waktu penggunaan pada AC Anda. Pembersihan AC dilakukan dengan cara menyemprotkan air pada semua bagian AC. Selain itu, juga perlu diperhatikan bahwa modul PCB dan kabel listrik AC harus diletakkan di tempat yang aman dan tidak terkena air. Berikut beberapa hal yang harus dilakukan untuk merawat AC anda. 

1. Bersihkan AC secara rutin

Bersihkan AC secara teratur agar debu dan kotoran tidak menempel dan menyumbat saluran pembuangan air AC. Bersihkan AC dengan air, jangan menggunakan sabun atau bahan kimia yang dapat merusak evaporator pada AC anda, lalu keringkan dengan kain halus. 

2. Pasang filter AC

Pasang filter pada AC agar debu dan kotoran tidak masuk dan menyumbat saluran Pembuangan air / drainase AC. Filter AC akan memfilter debu dan kotoran sehingga AC akan lebih segar dan tidak berbau.

3. Selalu matikan AC saat tidak digunakan

Selalu matikan AC saat tidak digunakan agar energi tidak terbuang percuma. Selain itu, matikan AC juga saat hendak tidur agar tidur lebih nyenyak. Penyetalan suhu nyaman 23-25 C dapat memperpanjang umur unit AC Anda.

4. Jangan gunakan AC terlalu sering

Jangan gunakan AC terlalu sering agar energi tidak terbuang percuma. Gunakan AC hanya saat memang diperlukan agar tidak terlalu boros energi.

Nah, Sobat Milba! demikianlah rekomendasi dan beberapa saran dari kami untuk merawat AC anda dengan teratur. Paling minimal, Anda bisa melakukan perawatan rutin setiap tiga bulan sekali. Jika Anda menggunakan AC dengan waktu yang cukup lama atau bahkan non-stop, maka kami sarankan untuk melakukan perawatan rutin setiap sebulan sekali. Dengan perawatan yang teratur, AC akan beroperasi dengan baik dan tidak menimbulkan masalah. Selain itu, perawatan AC juga akan meminimalisir resiko kerusakan pada AC, dan yang terpenting, tentu dapat menghemat uang Anda.

Mesti dapatkan artikel, Pada lama pemakaian tertentu, AC inverter akan lebih boros listrik apabila tidak matikan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *