Bocor air banyak sekali ditemukan pada saat pemanggilan teknisi. Sebab sebab bocor air

  1. Saluran drain atau saluran pembuangan air tersumbat

Saluran yang tersumbat paling banyak penyebab terjadinya kebocoran. Hal ini bisa terjadi karena jarangnya AC dicuci. Udara dalam ruang yang disirkulasi oleh unit AC, menyebabkan in-door AC menjadi penampung debu dari ruangan, sehingga harus secara regular dibersihkan. Pembersihan filter AC sebaiknya dilakukan setiap 1 minggu, tujuannya supaya Evaporator atau bagian pendingin in-door tidak cepat kotor. Basahnya di pipa evaporator menjadikan penumpukan debu. Apabila jarang dicuci akan berakibat menjadi kumpulan kotoran yang membesar dan dapat menyumbat saluran drain atau pembuangan air AC. Biasanya saat pencucian AC akan dikenakan biaya tambahan untuk pembersihan saluran drain atau saluran pembuangan air yang tersumbat.

  1. Cuci bersih berakibat bocor air

Bagian ke 1 sudah dijelaskan bagaimana saluran pembuangan air bisa tersumbat. Ketidak lancaran keluarnya air hasil pengembunan bisa mengakibatkan meluapnya air dari bak penampungan air in-door AC. Sesudah in-door  AC  dicuci bersih, maka tingkat pengembunan dievaporator menjadi bertambah banyak, sehingga berakibat saluran air yang mulai tersumbat tidak dapat mengalirkan air sesuai dengan jumlah air yang mengembun di evaporator. Teknisi cuci AC harus membersihkan juga saluran pembuangan air ini. Karena bisa juga kotoran yang terjatuh dari hasil mencuci tidak keplastik penampungan air, melainkan kotoran masuk ke saluran pembuangan

  1. Kondensasi

Penyebab Bocor Air pada AC

AC adalah alat elektronik yang sangat diperlukan di tempat tinggal atau kantor Anda. Namun, Bagaimana jika AC Anda tiba-tiba mengalami bocor / air yang menetes ? Tentu saja hal ini bisa menyebabkan kerusakan pada peralatan di sekitarnya dan menyebabkan masalah jika tidak segera ditangani. Dalam Artikel ini, Milba.AC akan mengulas beberapa penyebab umum terjadinya bocor air pada AC.

Saluran drain atau saluran pembuangan air tersumbat sering menjadi penyebab utama bocornya air dari AC. Hal ini terjadi ketika jarangnya AC dicuci dan dibersihkan. Udara di ruangan yang disirkulasi oleh unit AC menyebabkan in-door AC menjadi penampung debu dari ruangan, sehingga perlu secara teratur dibersihkan. Pembersihan filter AC sebaiknya dilakukan setiap satu minggu untuk mencegah terjadinya penumpukan debu pada pipa evaporator. Jika jarang dicuci, kotoran dan debu akan menumpuk dan menyumbat saluran drain atau pembuangan air AC. Biasanya, saat memanggil teknisi untuk mencuci AC, Anda juga harus membayar biaya tambahan untuk pembersihan saluran pembuangan air yang tersumbat.

Selain itu, pemakaian AC yang terlalu lama dan sering berakibat saluran pembuangan air tersumbat. Setelah in-door AC dicuci bersih, tingkat pengembunan di evaporator menjadi lebih banyak, sehingga saluran air yang mulai tersumbat tidak dapat mengalirkan air sesuai dengan jumlah air yang mengembun di evaporator. Oleh karena itu, teknisi cuci AC harus membersihkan juga saluran pembuangan air ini agar tidak terjadi bocornya air dari AC.

Kondensasi juga sering menjadi penyebab bocornya air dari AC. Pipa sambungan antara indoor dan outdoor seringkali langsung naik ke atas plafon tanpa isolasi yang baik. Hal ini membuat pipa tersebut mengalami kondensasi, dan karena pipa sambungan langsung naik ke plafon, maka air akan mencari tempat rendah untuk keluar. Selain itu, jika pemakaian AC terus menerus selama 24 jam, suhu dingin pipa bisa menembus ketebalan insulasi dan menyebabkan terjadinya kondensasi.

Terakhir, balutan tape yang terlalu ketat pada pipa AC juga dapat menyebabkan disfungsi insulasi. Isolasi tidak akan mendapatkan ketebalan yang cukup untuk menahan petukaran dingin dari pipa AC dengan udara sekitar, sehingga menyebabkan terjadinya kondensasi dan bocornya air dari AC.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *